Asmi Yuriana Dewi Blog

Blog Pribadi Asmi Yuriana Dewi

Pendidikan dengan Internet Masuk Sekolah Terpencil

January25

¬†”Anak kretif akan menjadi lebih kreatif jika dididik oleh guru yang kreatif”..Kalimat itu ¬†menjadi cambuk untuk menjadi guru yang kreatif dalam mendidik siswa. SMPN 30 Sijunjung merupakan sekolah yang terletak di Sumatera Barat dan terletak 30 km dari pusat kabupaten dan 10 km dari pusat kecamatan. Untuk sampai ke sekolah harus melewati jalan satu arah yang pada titik tertentu di sisi kanan bukit dan di kiri jurang dan sungai. Selain itu, jika musim hujan harus hati-hati dengan titik yang rawan longsor.

Sekolah yang baru berusia 4 tahun ini belum memiliki sarana belajar TIK. Guru TIK sering mengeluh bagaimana siswa akan praktek dalam belajar TIK sedangkan komputer untuk praktek belajar siswa belum ada. Selain itu, adanya kesulitan bagi guru-guru dalam memanfaatkan internet dalam pembelajaran. Guru yang melek teknologi internet dan komputer menjadi terbatas dalam menghasilkan karya untuk menciptakan pembelajaran yang menarik.

Salah satunya web pembelajaran www.matematikana.com yang dirancang khusus untuk pembelajaran belum bisa digunakan. Padahal untuk pembuatan web itu tersendiri harus diprogram khusus sehingga menjadi web pembelajaran yang interaktif seperti: adanya ruang komunikasi layaknya facebook, ruang penilaian, dan aktivitas siswa terekam dengan baik. Sangat disayangkan belum diberdayagunakan dengan baik.

Dengan adanya proyek internet masuk sekolah ini siswa bisa belajar TIK seperti hal nya siswa di perkotaan dan guru bisa lebih kreatif dalam menciptakan bahan ajar. Untuk melaksanakan proyek ini sekolah harus dilengkapi 25 laptop, lcd proyektor, acces point, bgan satelit, speaker, tablet dan mobil untuk transportasi. Proyek ini kira-kira membutuhkan dana 180 juta rupiah.

selengkapnya klik disini

 

posted under Pendidikan

Email will not be published

Website example

Your Comment: